Game Console By Year : Konsol Game Dari Tahun Ke Tahun

Game Console By Year : Konsol Game Dari Tahun Ke Tahun

Sobat Bandarq Online dimanapun anda berada, pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan mereview tentang Game Console By Year atau Konsol Game Dari Tahun Ke tahun, yang pastinya kadang tidak diketahui oleh orang banyak.

-          Generasi Awal


Video game pertama muncul pada 1960-an. Mereka dimainkan di komputer besar yang terhubung ke display vektor, dan bukan televisi analog.

Ralph H. Baer menciptakan ide permainan video rumahan (Home Edition) pada tahun 1951. Pada akhir 1960-an, ketika bekerja untuk Sanders Associates, Baer menciptakan serangkaian desain konsol video game.

Salah satu desain ini, yang mendapat julukan “Brown Box” atau "Kotak Coklat" 1966, menampilkan mode permainan yang dapat diubah dan ditunjukkan ke beberapa produsen TV, yang pada akhirnya mengarah ke kesepakatan antara Sanders Associates dan Magnavox.

Pada tahun 1972, Magnavox merilis Magnavox Odyssey, konsol video game rumahan pertama yang dapat dihubungkan ke perangkat TV.

-          Generasi Keemasan

Pada tahun 1983, Nintendo merilis Family Computer (atau Famicom) di Jepang. The Famicom didukung sprite resolusi tinggi, palet warna yang lebih besar, dan latar belakang dari ubin. Hal ini akan memungkinkan game Famicom menjadi lebih panjang dan memiliki grafis yang lebih detail.

Nintendo mulai mencoba membawa Famicom mereka ke AS setelah pasar video game Hancur.  Di AS, permainan video dilihat sebagai tren yang telah berlalu. Untuk membedakan produknya dari konsol game yang lebih lama, Nintendo merilis Famicom mereka sebagai Nintendo Entertainment System (NES) yang menggunakan port cartridge front loading yang mirip dengan VCR, termasuk "robot (ROB), dan pada awalnya diiklankan sebagai mainan anak-anak.

NES adalah konsol penjualan tertinggi dalam sejarah Amerika Utara dan merevitalisasi pasar video game. Mario of Super Mario Bros menjadi ikon global yang dimulai dengan game NES-nya.

Nintendo mengambil sikap yang tidak biasa dengan pengembang pihak ketiga untuk konsolnya. Nintendo secara kontraktual membatasi pengembang pihak ketiga untuk tiga judul NES per tahun dan melarang mereka mengembangkan untuk konsol permainan video lainnya.

Praktek ini memastikan dominasi pasar Nintendo dan mencegah banjir judul sampah yang telah menghancurkan perusahaan Atari. Dominasi dari NES tersebut bisa bertahan hingga puluhan tahun.