Mendidik Putra dan Putri Anda di Pondok Pesantren Lirboyo

Mendidik Putra dan Putri Anda di Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok pesantren Lirboyo merupakan salah satu dari banyaknya pondok pesantren yang ada di kabupaten Kediri Jawa Timur. Menurut beberapa sumber, pondok pesantren ini telah didirikan sejak tahun 1910 oleh Kyai Sholeh dan menantunya kyai Abdul Karim dari Magelang. Berdirinya pondok pesantren ini bertujuan untuk mensyiarkan agama islam kepada masyarakat sekitar yang pada saat itu belum mengenal secara detail tentang apa itu Islam. Kehadiran kyai abdul karim sebagai salah satu pemrakarsa berdirinya pondok pesantren Lirboyo ini menimbulkan dampak yang positif pada lingkungan sekitar. Konon, desa lirboyo sebelum adanya Pondok pesantren tersebut terkenal dengan keangkerannya dan banyaknya kejahatan yang terjadi di desa tersebut. Tentu saja pondok pesantren tidak bisa dilepaskan dari yang namanya masjid. Masjid pertama yang didirikan seiring didirikannya pondok pesantren lirboyo ini.


Pada tahun 1913 pendirian masjid ini mulai diusulkan oleh kyai Abdul Karim. Pada awalnya, masjid ini haya dibuat dari kayu saja. Pernah suatu ketika ada angin kencang melanda dan menerpa desa tersebut, masjid yang hanya berdinding dan beratap kayu itu porak poranda. Melihat hal tersebut ada seorang kerabat dari Kyai Abdul karim mempunyai inisiatif untuk mendirikan kembali masjid yang sudah porak poranda tersebut dengan bangunan yang lebih kokoh dan modern. Hingga saat ini, pondok Lirboyo dikenal sebagai salah satu pondok terbesar yang ada di Jawa Timur. Pondok Lirboyo telah mencetak alumni-almuni yang berkontribusi dalam pengembangan dan perluasan agama Islam di tanah air.

Beberapa kajian tentang agama islam bisa anda dapatkan di pondok Lirboyo ini. Diantaranya ialah mengkaji tentang kitab Al Quran dan Alhadis serta beberapa kajian tentang islam lainnya. Pengadaan pondok pesantren ini supaya terus dikembangkan dan dipertahankan karena tentu sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pembinaan generasi penerus bangsa indonesia. seiring dengan perkembangan zaman, pondok lirboyo ini terus melakukan pengembangan hingga terbangun pondok lirboyo putra dan putri yang terletak di kabupaten Kediri. Merupakan sebuah kebanggan bisa menjadi dari bagian perjuangan perluasan agama islam di tanah air.